Selaraskan Pertumbuhan Ekonomi melalui LCDP

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia, Bambang Brodjonegoro

Pemerintah menyatakan serius menangani perubahan iklim dunia, masalah-masalah lingkungan hidup tersebut diyakini Indonesia dapat memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Karena itu pemerintah terus mengoptimalkan kerja-kerja lembaga dan kementerian terkiat untuk menjaga iklim. Misalnya memperkuat kelembagaan Badan Restorasi Gambut (BRG) RI dan Kementerian Lingkungan Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK). Selain karena soal kesehatan lingkungan, menjaga iklim lingkungan itu pun dinilai dapat meningkatkan perekonomian negara.

Pemerintah pusat melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) melakukan pendekatan mitigasi dan adaptasi yang disebut dengan Low Carbon Development (LCDP). Melalui pendekatan itu pertumbuhan ekonomi ditandai dengan meningkatnya perhatian negara dalam menjaga kualitas lingkungan sekaligus mengataswi masalah sosial yang terjadi.

Sebelumnya, dalam Konferensi Perubahan Iklim ke-21 di Paris, Presiden Joko Widodo menyatakan, Indonesia memiliki ambisi untuk menurunkan emisi sampai 26% dari acuan target di 2020 dan di tahun 2030 sampai 29%. Itu jika hanya dilakukan oleh Indonesia sendiri, jika ada dukungan dari masyarakat Internasional maka target itu bisa mencapai 29% bahkan bisa naik hingga 41%.

Informasi selengkapnya bisa Anda baca melalui tautan berikut ini :


https://www.dw.com/id/menteri-bambang-brodjonegoro-pemerintah-akan-selaraskan-pertumbuhan-ekonomi-dan-pelestarian-lingkungan/a-41594256