Ribuan Masker dari Desa Gambut untuk Cegah Covid-19

Gotong royong dan kebersamaan adalah salah satu kunci untuk melawan dan mencegah penyebaran wabah Covid-19 saat ini. Di tingkat tapak, komitmen BRG bekerja sama dengan  desa-desa gambut, aparat desa dan masyarakat terus berlangsung. Seperti cerita akhir April 2020 lalu, Badan Restorasi Gambut di Kalimantan Tengah memproduksi 10 ribu masker. Pembuatan masker massal tersebut  dilakukan untuk membantu masyarakat di 58 desa di Kalimantan Tengah dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Foto: Relawan Covid-19, fasilitator desa gambut dan aparat pemerintah membagikan masker kepada pengguna jalan di Mentaya Hilir Selatan, Kabupaten Kotim, Kalimantan Tengah.

Dinamisator BRG Kalimantan Tengah, Joko Waluyo menuturkan, target 10 ribu masker oleh mitra BRG yaitu kelompok masyarakat Desa Peduli Gambut (DPG) dijadwalkan selesai dalam satu pekan ke depan. Nantinya, 10 ribu masker akan disalurkan secara gratis kepada 58 desa yang menjadi mitra BRG. “Jadi selain mendorong perubahan APBDes, BRG sekarang men-support beberapa desa yang ada pengrajinnya untuk membuat masker, di Kalteng kita rencanakan 10 ribu masker kain,” katanya.

Relawan Covid-19, Fasilitator Desa BRG bersama aparat desa dan kecamatan kemudian membagikan masker-masker ini secara cuma-cuma kepada masyarakat, pengguna jalan dan semua yang wajib menggunakan masker agar penyebaran wabah bisa sama-sama ditekan. Adapun produksi masker terus dikebut oleh warga yang memiliki keterampilan menjahit diantaranya para anggota PKK. Bahan masker kain sendiri berasal dari Jakarta yang dikirimkan secara bertahap ke Kalimantan Tengah.

BRG berkomitmen membantu masyarakat dalam mencegah Covid-19. Selain itu pemerintah provinsi, hingga desa juga telah melarang keluar masuk antar Kabupaten/Kota . Karena itu BRG pun ikut serta mensosialisasikan imbauan tersebut agar pencegahan Covid-19 bisa berjalan maksimal. Kedisiplinan, kerja sama serta kepatuhan pada aturan akan bisa menekan penyebaran wabah Covid-19, sekaligus dengan persiapan menjelang musim kemarau kali ini untuk mengatasi bencana kabut asap.

Desa-desa yang menjadi mitra BRG terus mengalami perkembangan ke arah yang positif, baik dalam kegiatan pemulihan ekosistem gambut, peningkatan perekonomian masyarakat serta kerja sama dalam tanggap bencana.

https://mitra.nu.or.id/post/read/119542/brg-produksi-10-ribu-masker-bantu-warga-kalteng