Produk Desa Gambut Mulai Dipasarkan Secara Online

Proses pengolahan kerajinan anyaman purun

Badan Restorasi Gambut (BRG) RI melalui Kedeputian Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan melaksanakan kegiatan pelatihan online kepada  UMKM/BumDes Desa Peduli Gambut tahun 2017-2020. Pelatihan yang digelar 22 dan 24 Juli 2020 ini sebagai upaya meningkatkan daya jual dan pemasaran produk serta memperluas pasar produk-produk lokal gambut agar dikenal dan diminati oleh masyarakat luas, diantaranya kerajinan anyaman purun, kopi, rempah-rempah dan makanan kemasan.

Kegiatan ini dilakukan bersama mitra BRG yaitu PT. Bukalapak.com sebagai narasumber kegiatan dan wadah(marketplace) dalam pemasaran produk. Peserta berasal dari kelompok masyarakat terpilih di Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 12 kelompok, Kalimantan Tengah 8 kelompok, Kalimantan Barat 11 kelompok, Sumatera Selatan ada 12 kelompok, dan Riau sebanyak 6 kelompok.

Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRG, Dr. Myrna A. Safitri mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada UMKM/BumDes dalam hal pengembangan pemasaran produk melalui marketplace/ aplikasi jual beli online. Selain itu untuk meningkatkan daya saing pelaku dan produk UMKM/BumDes. Meningkatkan kapasitas dan keterampilan peserta pelatihan guna mengenalkan, mempromosikan dan memasarkan produk Desa Peduli Gambut di online market. “Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada peserta bagaimana terlibat aktif  dalam perdagangan online,”jelasnya.

Sementara itu,dalam pelatihan ini Tim dari PT Bukalapak.com memberikan edukasi mengenai  peluang jualan online di masa yang akan datang. Diprediksi, pembeli digital Indonesia akan meningkat 1,2 kali pada 2025, dan pendapatan  seluruh toko online meningkat hingga 3,7 kali. Keuntungan jualan di marketplace, terutama di PT Bukalapak ini  untuk memperluas pasar, buka toko  gratis, mudah mengelola toko, juga mudah mengupload foto.

Maka diperlukan konsistensi pelapak dalam menjalankan bisnisnya, juga memahami ilmunya. Selain itu, produk UMKM juga merupakan salah satu pendukung kesuksesan marketplace ini. Maka yang diperlukan saat ini, produk, rekening bank, email aktif dan valid, nomor telepon, dan koneksi internet.

https://pontianakpost.co.id/produk-desa-peduli-gambut-go-online/