Poktan Binaan BRGM-Chevron Panen di Demplot Gambut PLTB

Kelompok Tani di Kepenghuluan Bangko Bakti, Rokan Hilir, melakukan panen perdana mentimun dari lahan gambut percontohan (demplot) yang mereka kelola pada Selasa (12/1)

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dan PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) bersama dengan Poktan binaan di Kepenghuluan Bangko Bakti menggelar panen perdana hasil pertanian di demplot pengelolaan lahan tanpa bakar (PLTB) pada Hari Selasa tanggal 12 Januari 2021.

Kegiatan panen tersebut dihadiri juga oleh Penghulu Bangko Bakti, Ketua Badan Permusyaratan Kepenghuluan Bangko Bakti, Babinsa, dan perwakilan desa-desa lain binaan BRGM dan PT. CPI.

Kegiatan panen bersama ini merupakan hasil nyata dari pelatihan pengelolaan lahan tanpa bakar untuk 10 Desa yang digelar oleh BRGM dan PT. CPI pada bulan Oktober 2020 sebelumnya.

Usaha pertanian dengan metode pengelolaan lahan tanpa bakar ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kebakaran lahan dan hutan terutama di areal gambut.

Dalam sambutannya, perwakilan BRGM Yuyus Afrianto, S.Hut., M.Sc. menyambut gembira hasil panen di demplot PLTB. Hal ini membuktikan bahwa cara bertani tanpa membakar terbukti berhasil.

Selain memberikan income tambahan dari hasil panen, juga mendukung program restorasi gambut yang sekarang sedang digalakkan oleh pemerintah.

Syafrun, Perwakilan PT. Chevron Pacific Indonesia yang hadir di kegiatan panen bersama memberikan apresiasinya terhadap kegiatan panen bersama ini.

Menurutnya, PT. CPI tetap konsisten untuk mendukung pemberdayaan masyarakat baik dari sisi ekonomi, lingkungan dan budaya, dan melalui kemitraan bersama BRGM diharapkan program yang dikembangkan ini memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat.

Penghulu Bangko Bakti, Husni Thamrin, menyambut baik inisiatif PT. CPI yang menggandeng BRGM dalam membina kelompok tani di Desa Bangko Bakti dalam mengembangkan pertanian dengan metode PLTB. Penghulu berharap pertanian dengan metode PLTB ini dapat ditiru dan dikembangkan oleh warganya di kepenghuluan Bangko Bakti.

Dalam pelaksanaan PLTB sejak Oktober tahun lalu, Cakra Consulting bertindak sebagai mitra pelaksanan kegiatan dalam program program kemitraan restorasi gambut antara BRGM dengan PT. CPI.

Mereka melatih para Poktan binaan tentang pemahaman kondisi tanah dan tanaman; praktik pembukaan lahan percontohan (demplot); pemasangan tudung tanaman (mulsa); penanaman bibit; serta perlindungan dari serangan hama.

Selain pelatihan, desa binaan juga mendapatkan bantuan alat pencacah multifungsi, mesin pompa air, alat tebas, dan cangkul.

https://www.gatra.com/detail/news/501023/info-bumn/poktan-binaan-brgm-chevron-panen-di-demplot-gambut-pltb