Lestari, Perempuan Pejuang Anti Bakar Lahan dari Sebangau Jaya
8 Maret 2018
Seleksi Terbuka Penerimaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri pada Badan Restorasi Gambut Tahun 2018
13 Maret 2018
Show all

Pedoman Pelaksanaan Program Desa Peduli Gambut

Restorasi gambut meliputi pemulihan fungsi ekosistem dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu maka penghimpunan dan pengakomodasian partisipasi dan dukungan masyarakat menjadi keniscayaan. Program Desa Peduli Gambut merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh BRG untuk memastikan partisipasi masyarakat ini berjalan efektif dan berbuah pada peningkatan kesejahteraan dalam seluruh dimensinya. Hal ini sejalan dengan Nawa Cita, terutama dalam hal upaya: (i) membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI; (ii) meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia; (iii) mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik dan (iv) memperteguh Kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial.

Pedoman Pelaksanaan Program Desa Peduli Gambut ini menyediakan arah kebijakan dan strategi umum pada Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, dan para pihak lain yang melakukan pendampingan di desa/kelurahan dalam lingkup Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) yang menjadi prioritas restorasi gambut. Dengan Pedoman ini diharapkan ada keselarasan penyusunan dan pelaksanaan program/kegiatan dengan tujuan restorasi gambut.

Pedoman ini patut dilaksanakan semua pihak dengan baik yang diikuti dengan monitoring bersama terhadap pelaksanaannya. Hasil monitoring itu akan menjadi bahan untuk perbaikan terus-menerus pada Pedoman ini serta dalam strategi pelaksanaan Program Desa Peduli Gambut di tingkat tapak.

Demikian Pedoman ini dibuat untuk menjadi acuan bersama bagi semua pihak yang bekerja pada desa/kelurahan di areal target restorasi gambut.

Unduh (PDF)