Modul Pelatihan Pembangunan Infrastruktur Pembasahan Gambut Sekat Kanal Berbasis Masyarakat
BRG-RI Kerjasamakan Penelitian Dan Pengembangan Masyarakat Kawasan Target Restorasi Gambut Dengan Universitas Kristen Palangka Raya
28 Juli 2017
Seleksi Penerimaan Calon Tenaga Lapangan Restorasi Gambut Program Detasering Restorasi Gambut
5 Oktober 2017
Show all

Modul Pelatihan Pembangunan Infrastruktur Pembasahan Gambut Sekat Kanal Berbasis Masyarakat

Penyusunan modul pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan dan membangun pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja tingkat dasar bagi peserta pelatihan di dalam mempersiapkan dan membangun sekat kanal sederhana sebagai salah satu teknik untuk kegiatan pembasahan gambut (peat rewetting). Untuk mencapai tujuan tersebut diatas maka modul pelatihan ini mencakup mata ajar pelatihan tentang regulasi dan kebijakan restorasi gambut di Indonesia, teknik-teknik pembasahan gambut, teknik pembasahan gambut dengan sekat kanal, tahapan pembuatan sekat kanal (pra-konstruksi, tahap konstruksi dan pasca-konstruksi). Modul pelatihan berisikan materi teori dan praktik yang dilaksanakan di dalam ruangan (in class session) maupun diluar ruangan (out class session).

Tim penulis menyadari bahwa modul pelatihan ini jauh dari kesempurnaan baik isi maupun penyajiannya, oleh sebab itu kritik konstruktif dari berbagai pihak sangat diperlukan guna penyempurnaan modul pelatihan ini di masa yang akan datang.

Keberhasilan penyusunan dan penyelesaian penulisan modul pelatihan ini tidak terlepas dari kontribusi dan peran berbagai pihak terutama Deputi Bidang Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan (KOP) beserta jajaran di lingkup Badan Restorasi Gambut RI, para nara sumber dan peserta lokakarya penyusunan kurikulum Modul Pelatihan Pembuatan Sekat Kanal yang diselenggarakan oleh Kedeputian Bidang Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan (KOP), Badan Restorasi Gambut RI pada tanggal 6-7 April 2017 di Jakarta, dan berbagai pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu oleh Tim Penulis. Atas kontribusi fikiran, tenaga dan moril para pihak tersebut Tim Penulis memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih.

Akhirnya, besar harapan bahwa Modul Pelatihan dapat memberikan manfaat di dalam penyiapan dan peningkatan kapasitas masyarakat di dalam membangun sekat kanal sederhana sebagai instrumen pembasahan gambut guna mendukung pencapaian tujuan dan target restorasi gambut yang dimandatkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia.

Unduh Dokumen Modul