Merayakan Semangat HUT RI ke 75 Bersama Suara Gambut untuk Indonesia Maju

Perayaan Kemerdekaan Indonesia ke 75 di Badan Restorasi Gambut (BRG) Senin 17 Agustus 2020, berlangsung secara khusus dan tetap semarak. Kendati prosesi acara berlangsung secara virtual dan disiarkan secara langsung melalui dua kanal digital Zoom dan Youtube, semangat merayakan kemerdekaan RI tetap sama. Apalagi Kepala BRG dan beberapa pejabat teras BRG hadir bersama tim kecil di kantor untuk kegiatan HUT RI di BRG yang bertajuk Suara Gambut Untuk Indonesia Maju. Tim kecil pun bersiap untuk kelancaran acara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Setelah mengikuti upacara detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih yang disiarkan secara online dari istana, kegiatan perayaan HUT RI Suara Gambut Untuk Indonesia Maju dimulai sekitar pukul 10:30. Urut-urutan butir acara yang diawali dengan lagu Indonesia Raya, sambutan dan arahan Kepala BRG, doa dan pemutaran video Capaian Restorasi Gambut.

Semangat dan kesemarakan acara dimulai dengan pembukaan tarian Nusantara dari Svadara Indonesia yang kemudian dilanjutkan penampilan spesial Kepala BRG membuka performans susul-menyusul dari unit kerja setiap Kedeputian BRG baik stand up comedy, pantun, paduan suara, dan medley serta eloknya lagu-lagu daerah dari Sokhi Official. Ratusan pemirsa dan peserta acara di ruang digital di penjuru desa, kota dan provinsi target BRG larut dalam semarak acara dan menikmati penampilan demi penampilan.

Yang tak kalah penting adalah Kompetisi Pameran Produk Gambut dimana BRG mengundang partisipasi kelompok binaan berprestasi dari DPG-DPG 6 provinsi untuk sekreatif dan semenarik mungkin menampilkan produk, karya dan sumbangsih mereka di desa-desa gambut untuk dipresentasikan secara digital dan disaksikan bersama. Ada 38 peserta Pameran Produk Gambut dari 6 provinsi target BRG (kecuali Papua) dan dari ini dipilih 7 finalis untuk dinilai sesuai kriteria dan ketentuan yang berhak tampil sebagai juara 1-3 dan berhak atas hadiah pembinaan dan peningkatan kapasitas bernilai jutaan rupiah.

Pada sesi pengumuman pemenang lomba Pameran Produk Gambut, juara 1 diraih oleh perwakilan dari provinsi Jambi, desa Bram Itam Raya. Kelompok ini menjadi satu diantara tiga kelompok dari desa peduli gambut Teluk Karya yang ikut serta memeriahkan pameran produk gambut pada perayaan kemerdekaan RI yang dilaksanakan BRG tahun ini. Kemudian juara 2 diraih oleh perwakilan dari provinsi Kalimantan Barat, Desa Sungai Radak. Sedangkan kelompok pengrajin Aneka Karya Sasirangan yang menyajikan tampilan produk sasirangan berbagai motif dan didukung dengan presentase dari anggota kelompok berhasil meraih juara 3.

Posisi kemenangan adalah sebagai apresiasi, yang penting semua merasa dalam kegembiraan semangat Indonesia Maju. Karena dari pemenang 3, kelompok Aneka Karya Sasirangan sepakat untuk mendonasikan sebagian hadiah untuk mendukung pengembangan produk olahan rosela dari kelompok usaha karya kreasi pangan dan produk PLTB dari Kader Sekolah Lapang (SL) kelompok Tani Tunas Karya (poktan millenial) yang pada perlombaan ini belum berkesempatan memenangkan hadiah. Sungguh membanggakan. Suara Gambut untuk Indonesia Maju adalah satu suara bersama untuk Indonesia.