Cerita dari Tapak : Baur Inovasi Petani Kalimantan Tengah
Cerita dari Tapak: Naga Gambut Organik yang menjanjikan di Pulpis
15 November 2016
Booklet Jambore Masyarakat Gambut 2016
17 November 2016
Show all

Cerita dari Tapak : Baur Inovasi Petani Kalimantan Tengah

menceritakan bagaimana di tengah situasi yang berubah, petani-petani gambut di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah punya seribu cara untuk bertahan dan hidup bermartabat.

Ada dua cerita di sini. Yang pertama inovasi sebuah kelompok tani, termasuk kaum perempuan mereka, menghadapi larangan membakar di lahan gambutnya. Tidak gampang untuk melakukannya, tetapi dengan semangat “hidup harus berlanjut”, mereka melakukan sejumlah uji coba menanam padi tanpa membakar di lahan gambutnya.

Yang kedua, kisah daya juang sekelompok orang yang harus memindahkan kehidupan ke lahan gambut. Di sana, mereka dipaksa oleh keadaan untuk menemukan ‘cara bertahan’. Di situlah kisah perjuangan sejatinya ada. Tidak ada kata menyerah. Yang ada hanya mencoba dan mencoba. Hingga akhirnya lahan gambut memberikan kisah sukses. Pertanian hortikultura mengangkat martabat para petani gambut itu.

Bayangkan, jika sikap mental seperti ini terus menguat. Tidakkah bangsa ini akan jadi besar? Ada energi positif tentang kekuatan, kepedulian dan kebersamaan yang terus mengalir. Yuuk sama-sama kita perbanyak aliran energi seperti ini.