Budidaya Gaharu dapat Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut

Kegiatan dialog alih teknologi budidaya gaharu di Kabupaten Siak, Riau, 6/9/2018

Presiden Joko Widodo berulang kali menekankan bagi masyarakat yang hidup di perdesaan gambut untuk tidak hanya menanam sawit untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tidak menanam sawit oleh masyarakat maupun oleh koorporasi sebagai upaya pemerintah mempercepat proses pemulihan tanah gambut di 7 provinsi di Indonesia.

Presiden Jokowi menilai, ada tanaman-tanaman lain yang bisa ditanam di lahan gambut oleh masyarakat. Tanam ramah yang bisa dikembangkan masyarakat seperti gaharu justru mempersubur struktur tanah gambut bukan malah merusak seperti tanaman sawit. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini bersyukur BRG telah bergerak cepat hingga akhirnya ada kegiatan budidaya gaharu yang terus dikembangkan masyarakat Kampung, Tuah Indrapura, Kecamatan Bungaraya, Siak, Riau.

Bupati Siak, Syamsuar menjelaskan, melestarikan dan memanfaatkan lahan gambut melalui budidaya pohon gaharu dapat menyembuhkan kerusakan gambut yang selama ini dikeluhkan masyarakat. Selain itu, pepohonan itu dapat mengembalikan fungsi ekologi lahan gambut yang selama ini telah dirusak oleh berbagai peristiwa.

Informasi selengkapnya bisa Anda baca melalui tautan berikut ini :


https://www.goriau.com/berita/baca/dapat-cegah-kebakaran-hutan-pohon-gaharu-akan-ditanam-di-lahan-gambut-kabupaten-siak.html