BRG Targetkan 200 Sumur Bor Terpasang di Lima Daerah Rawan Kebakaran

Kebakaran akibat titik api di lahan gambut yang melebar terkadang sulit dikendalikan. Persoalannya, sarana prasarana yang tidak mendukung seperti tidak adanya alat pengangkut air dari sungai desa ke lokasi lahan gambut yang terbakar. Kehadiran sumur bor bisa mempercepat meredam api saat terjadi kebakaran di lahan gambut. Sejak hadir di Kalimantan Selatan, BRG sudah memasang 50 sumur bor di titik-titik rawan terjadi kebakaran hutan. Namun, setelah dilakukan koordinasi dengan berbagai pihak BRG memutuskan menambah 150-200 sumur bor lagi untuk meredam kebakaran yang terjadi. Pemasangan itu diprioritaskan di daerah-daerah yang rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Tim Restorasi Gambut Kalimantan Selatan, Saut Samosir, terus melakukan persiapan terhadap area-area yang akan dipasang sumur bor. Dia memastikan dalam waktu dekat sumur bor terebut terpasang dengan baik. Semua program restorasi, lanjutnya, dilakukan secara bertahap berdasarkan target yang telah dicanangkan BRG RI. “Selain pemasangan sumur bor, dilakukan pula pekerjaan pembuatan kanal di beberapa titik daerah rawan terjadinya kebakaran lahan dan hutan,” tuturnya.

Informasi selengkapnya bisa Anda baca melalui tautan berikut ini :


https://banjarmasin.tribunnews.com/2018/03/10/restorasi-gambut-dilakukan-hingga-2020-brg-targetkan-pasang-sumur-bor-di-lima-daerah