BRG Gelar Pelatihan Pembuatan Kain Sasirangan di Desa Gambut

Pada awal bulan Juni dari tanggal 6 hingga 8 juni 2020, BRG bekerja sama dengan aparat Desa Teluk Karya Kecamatan Lampihong dan Dekranasda Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan menggelar pelatihan singkat  pembuatan kain sasirangan di Desa Teluk Karya, Lampihong, Kalimantan Selatan.

Kain sasirangan adalah kain tradisional khas di Kalimantan Selatan dengan berbagai motif yang unik dan indah serta teknik pewarnaan khusus biasanya dari bahan pewarna alami. Pelatihan yang diadakan oleh BRG di desa gambut inipun dengan menggunakan teknik pewarna alami. Adapun dikarenakan masih masa pandemi dan mematuhi protokol kesehatan pemerintah, jumlah peserta dibatasi agar tidak terjadi kerumunan dan pengumpulan orang dalam jumlah banyak.

Peserta pada pelatihan ini sebenarnya berjumlah 25 orang yang terdiri dari 20 orang Teluk Karya dan 5 orang dari Desa Tanah Habang Kanan dengan dibimbing 3 orang pelatih yang berasal dari Pokmas Eco Teratei Program Desa peduli Gambut (DPG) tahun 2019.  Pelatihan ini diwujudkan sebagai usaha mendorong ekonomi masyarakat pedesaan agar bisa berkembang dengan memanfaatkan potensi lingkungan sehingga selaras dengan tujuan ekonomi berkelanjutan berbasis lingkungan.

Dengan pelatihan diharapkan para pengrajin sasirangan, kelak mampu mengembangkan pola/corak khusus Balangan untuk semakin memperkaya keanekaragaman motif kain. Selain daripada itu mendorong potensi wirausaha berbasis produk lingkungan yang mulai banyak peminat dan laku di pasar. Hal ini dinilai sebagai peluang untuk mempersiapkan masyarakat desa Teluk Karya untuk bisa mengambil peluang ekonomi di masa mendatang.

Disebutkan oleh fasilitator desa BRG, M. Ikhsan Nugraha, untuk bahan pewarna kain berasal dari berbagai bahan daun-daunan dan kayu-kayuan yang diperoleh dari pekarangan dan kebun di sekitar desa Teluk Karya, Lampihong, Balangan. “Dari kegiatan ini pula kami berharap desa-desa yang bergabung dalam pelatihan ini dapat mempelopori pengembangan Bumdes berbasis produk lingkungan di Kabupaten Balangan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Balangan Hj Nursidah Ansharuddin mengharapkan hasil olahan yang dibuat oleh warga desa Teluk Karya dan Desa Tanah Habang Kanan Kecamatan Lampihong ini bisa bersaing dengan produk-produk lain. Mereka juga sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan potensi yang ada, masyarakat bisa lebih mandiri menciptakan peluang usaha untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

http://infopublik.id/kategori/nusantara/459893/tingkatkan-ekonomi-warga-ikuti-pelatihan-sasirangan-pewarna-alami