Badan Restorasi Gambut di Kalteng Melakukan Revitalisasi Lahan Terbengkalai

Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia Nazir Foead menyampaikan salah satu program BRG di Kalimantan Tengah adalah melakukan revitalisasi seperti pengelolaan lahan terbengkalai menjadi lahan sawah dengan perbaikan sistem tata air.

“Kami telah meminta UGM untuk melakukan kajian yang dibantu oleh Universitas Palangka Raya, Kementerian Pertanian, Kementerian PUPR, dengan percobaan lahan sudah disiapkan kurang lebih dalam 1 bulan,” kata Nazir Foead, Senin, 26 Oktober 2020.

Nazir juga mengharapkan pada bulan Januari per Februari 2021 bisa panen dengan hasil yang memuaskan, agar para petani disini semangat terus untuk menggunakan lahan ini.

“Ketika musim kemarau tidak lagi kuatir adanya kebakaran karena lahannya produktif dengan tata air yang dijaga bersama,” harapnya.

Selain itu, lahan yang digunakan oleh masyarakat merupakan lahan milik masyarakat yang terbengkalai dan memiliki fungsi budidaya namun tidak dimanfaatkan karena tidak adanya modal.

“Kita ingin mengembalikan fungsi lahan ini sehingga bisa ditanami tanaman yang sesuai dengan aspirasi mereka, dalam hal ini padi,” tutupnya. (NOPRI/B-5)

https://www.borneonews.co.id/berita/190473-badan-restorasi-gambut-di-kalteng-melakukan-revitalisasi-lahan-terbengkalai