Apresiasi Dunia atas Capaian Indonesia Merestorasi Lahan Gambut

Koreksi besar-besaran yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam bidang tata kelola gambut terus menjadi sorotan dunia, kebijakan itu dinilai cukup memberikan pengetahuan bagi dunia internasional. Apresiasi ini dibuktikan pemerintah Indoensia pada pertemuan Konferensi Global Landscape yang berlangsung pada 1-2 Desember di Bonn, Jerman yang diikuti pejabat-pejabat lintas negara meliputi perwakilan PBB, UN Environment, menteri lingkungan hidup sedunia, World Bank, NGO, peneliti, akademisi, dan para mitra global lainnya.

Pada kesempatan itu Menteri KLHK RI Siti Nurbaya hadir sebagai Keynote Speaker. Apresiasi lainnya diberikan dunia kepada Indonesia karena hanya Indonesia yang memiliki Pusat Penelitian Lahan Gambut Tropis Internasional atau International Tropical Peatlands Centre (ITPC).

Menurut Siti Nurbaya, pemerintah Indonesia telah menempatkan restorasi lahan gambut sebagai strategi utama mengurangi emisi di sektor kehutanan. Komitmen kuat pemerintah Indonesia untuk keterlibatan dan pemberdayaan masyarakat dibuktikan dengan percepatan program perhutanan sosial atau program konsesi hutan desa.

Informasi selengkapnya bisa Anda baca melalui tautan berikut ini:

https://news.detik.com/berita/d-4327101/saat-tata-kelola-gambut-indonesia-jadi-rujukan-pengetahuan-dunia