Antusiasme Luarbiasa pada Kuliah Umum Perdana Daring BRG

Informasi tentang gambut selama ini yang memenuhi berbagai kanal media, forum dan berita cenderung melihat dari sisi kebencanaan serta informasi sepotong-sepotong yang masih menyisakan banyak pertanyaan perlu dijawab.

Itu sebabnya pada sesi perdana Kuliah Umum Online Prof.Dr.Ir. Azwar Maas, M.Sc, Guru Besar Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian UGM, tanggal 6 Mei 2020, 14.00-16.00; antusiasme peserta tak disangka-sangka hingga kuota peserta online yang dibatasi 200 orang membludak hingga yang mendaftar mencapai 1400 orang lebih. Luar biasa.

Adapun topik kuliah online adalah Karakter dan Daya Sangga Ekosistem Gambut sangat menarik serta relevan menyajikan pengetahuan dan informasi penting yang selama ini dibutuhkan untuk mempelajari karakter dan profil gambut baik secara akademis dan populer. Kehausan akan informasi tentang gambut bisa mulai sedikit terobati. Peserta yang hadir di ruang virtual Zoom mencapai 265 orang sedangkan yang menyaksikan secara langsung via kanal Youtube mencapai 275 orang. Tercatat mereka datang dari berbagai penjuru Indonesia, dari Sumatera hingga Papua serta dari berbagai kampus, lembaga pendidikan/ilmiah, mahasiswa, pengamat, praktisi, dosen, wartawan hingga perusahaan dan pejabat dinas.

Rata-rata berkeinginan adanya sesi kuliah daring semacam ini lagi, karena dari puluhan pertanyaan yang muncul durasi waktu yang tersedia mencapai 3 jam terasa kurang. Para peserta, pemirsa, penggali informasi serta pengamat gambut masih akan bertemu dengan kuliah-kuliah umum semacam ini lagi dari Badan Restorasi Gambut, karena total ada 13 rangkaian pertemuan kuliah umum daring yang akan membahas dan mengupas tuntas perihal ekosistem, gambut, tata kelola air, neraca air, riwayat kerusakan gambut serta bagaimana mengelola gambut yang baik sesuai kodratnya sebagai makhluk basah. Sampai jumpa di kuliah-kuliah yang akan datang.