1000 Masyarakat Gambut berkumpul untuk penyelamatan gambut berbasis komunitas
Ribuan Petani Dari Tujuh Provinsi akan Datang ke Jambi
3 Oktober 2016
Jambore Masyarakat Gambut Jadi Digelar di Jambi, Ini Dia Jadwalnya…
4 Oktober 2016
Show all

1000 Masyarakat Gambut berkumpul untuk penyelamatan gambut berbasis komunitas

SIARAN PERS
BADAN RESTORASI GAMBUT REPUBLIK INDONESIA
(Dapat disiarkan pada 4 Oktober 2016, pukul 13:00 WIB)
No.: SIPRES/BRG/4/10/2016

Jambi, 30 Oktober 2016 – Sebanyak 1000 masyarakat gambut akan berkumpul di GOR Kotabaru Jambi, pada Jambore Masyarakat Gambut untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam penyelamatan gambut berbasis komunitas dengan mengedepankan nilai kearifan lokal.

Para peserta Jambore ini terdiri dari para petani, perangkat  desa, Masyarakat Peduli Api,   yang ada di desa-desa pedalaman di wilayah Gambut seperti Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Papua. Mereka akan menunjukkan “wajah gambut tanpa asap,” dan senantiasa mengedepankan gambut selalu basah dalam praktek inovasi pengelolaannya yang ramah gambut.

“Seperti apa sih, wajah gambut tanpa asap itu? Bagaimana mereka memperoleh pengetahuan dalam mengolah gambut yang ramah dan tidak merusak, tanaman apa yang telah dikembangkan dan sukses ditanam digambut tanpa merusak gambutnya? Nah, Jambore ini akan berbagi pengetahuannya petani. Termasuk pengambil kebijakan dalam menyikapi inovasi-inovasi yang muncul di kalangan masyarakat gambut ini,”jelas jelas Deputi BRG bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan, Myrna A. Safitri.

Jambore Masyarakat Gambut digelar oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) bersama Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Pemerintah Provinsi Jambi, Tim Restorasi Gambut Jambi, dan sejumlah organisasi masyarakat sipil, menggelar Jambore Masyarakat Gambut, pada 5-7 November, di GOR Kotabaru, Kota Jambi.

Ketua Tim Restorasi Gambut Jambi, Ridham Priskap yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Jambi menyampaikan pihaknya merasa beruntung Jambore Masyarakat Gambut pertama dilakukan di Jambi.

“Jambore ini juga bisa memberikan pengetahuan dan pencerahan bagi masyarakat awam yang ada di Kota Jambi, yang mungkin selama ini hanya mengenal gambut lewat asapnya. Kini mereka bisa bersama mengikuti Jambore Gambut dan melihat wajah gambut tanpa asap, dan bisa ikut peduli terhadap gambut tersisa di Jambi,” jelasnya.

Jambore Masyarakat Gambut mewadahi beragam aktifitas. Diantaranya adalah dialog kebijakan, forum aksi dan panggung inovasi rakyat, pondok belajar gambut, sudut pengetahuan, nonton bareng dan diskusi, dan pameran.

— S e l e s a i —

Kontak:
Myrna A. Safitri
Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan
Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia

 

Gedung Sekretariat Negara Lantai 2
Jl. Teuku Umar 10, Menteng, Jakarta Pusat 10350
Tel: (021) 319 012608 , Mobile: +62 816 861372
e-mail: myrna.safitri@brg.go.id | myrna_safitri@yahoo.com