Kepala BRG: Restorasi Gambut Tidak Meminggirkan Masyarakat
15 November 2016
Pemerintah Mantapkan Koordinasi Guna Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut di Riau
15 November 2016
Show all

Kuliah Kerja Nyata Desa Gambut Sejahtera

Kuliah Kerja Nyata Desa Gambut Sejahtera

Pekanbaru, 20 Juli 2016 – Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia (BRG) bersama Universitas Riau (UR) melaksanakan pembekalan Kuliah Kerja Nyata Desa Gambut Sejahtera (KKNDGS) bertempat di Gedung LPPM UR 18-20 Juli 2016. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut penadandatanganan Nota Kesepahaman antara BRG dengan sejumlah universitas (UR, Universitas Jambi, Universitas Sriwijaya, Universitas Palangkaraya, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Cendrawasih, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Sebelas Maret Solo).

Kegiatan pembekalan diikuti 51 orang mahasiswa. Mereka akan ditempatkan selama dua bulan, hidup dan belajar bermasyarakat, di Desa Sungai Cina, Desa Sei Gomeng, dan Desa Bantar, Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Pembekalan menghadirkan narasumber yakni Dr. Haris Gunawan (Deputi Penelitian dan Pengembangan BRG), Dr. Aloe Dohong (Deputi Operasional dan Kontruksi BRG), Hanni Adiati, M.Si, (Staf Ahli Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Prof. Dr. Aras Mulyadi, DEA (Rektor UR) Prof. Dr. Almasdi Syahza (Ketua LPPM UR), Prof. Dr. Ashaluddin Jalil (Sosiolog UR), Prof. Dr. Zulkanain (Direktur Pascasarjana UR), Dr. Halimi (Ketua LPPM Univeritas Sriwijaya) Dr. Darmae Nasir (ahli lingkungan Universitas Palangkaraya), Dr. Ngurah Suryawan (Antropolog Universitas Negeri Papua), Dr. Djarot Heru Santosa (LPPM UGM), Dr. Adhy Prayitno dan Arifudin,SP.,MP (PSB UR).

KKNDGS ini strategis dalam mendukung Program BRG. Restorasi gambut selain untuk memulihkan gambut pada ekosistem aslinya yang basah, juga mendorong kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, mahasiswa diharapkan dapat memetakan masalah dan menggali potensi pada setiap desa. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat dijadikan pembelajaran dalam mendesain kegiatan KKNDGS pada 7 provinsi wilayah prioritas restorasi gambut, yang akan dilaunching pada bulan Desember 2016.

Kontak:

Haris Gunawan

Deputi Penelitian dan Pengembangan

Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia

Gedung Sekretariat Negara Lantai 2

Jl. Teuku Umar 10, Menteng, Jakarta Pusat 10350

Tel: (021) 319 012608, HP: 08117510919